Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Kepala BKD DIY Sampaikan Kultum Pertama di Bulan Ramadhan

Pada bulan suci Ramadhan 1442 H Badan Kepegawaian Daerah melaksanakan kegiatan kuliah tujuh menit (kultum) atau siraman rohani Ramadhan. Kultum dilaksanakan setelah sholat dzuhur berjamaah di Mushola Al Huda Badan Kepegawaian Daerah DIY. Kegiatan yang diagendakan setiap Hari Selasa dan Kamis ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan mengasah ilmu keagamaan yang sudah ada baik bagi pegawai dan karyawan Badan Kepegawaian Daerah DIY.

Kultum pertama di Bulan Ramadhan disampaikan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Amin Purwani, SH., M.Ec.Dev. Dalam penyampaian materi kultumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY mengingatkan tentang kemakbulan doa saat bulan puasa.

Amin menyampaikan bahwa dalam ayat Al-Qur'an Surat Al-Majmu; ayat 273 dijelaskan bahwa "disunnahkan orang yg berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yg ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum."

“Doa saat puasa adalah doa yang diutamakan dikabulkan saat bulan puasa. Hal ini dikarenakan Allah SWT langsung memberikan ganjaran utama atas puasa yang dilakukan oleh hambaNya. Selain itu juga disunnahkan orang yang berpuasa untuk banyak berdoa agar urusan dunia dan akhirat semakin dipermudah”, lanjut Amin.

Selain menjelaskan tentang momen-momen khusus di bulan Ramadhan ketika doa yang dipanjatkan mustajab di sisi Allah SWT, Amin juga menyampaikan tentang keutamaan Malam Lailatul Qadar.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY menjelaskan, Lailatul Qadar akan turun di tanggal-tanggal ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Kendati demikian, ia mengingatkan umat Islam untuk tidak hanya memfokuskan ibadahnya pada malam-malam tersebut. Amin mengatakan, ibadah harus dilaksanakan secara konsisten pada malam apa pun, bukan hanya pada saat Lailatul Qadar saja. "Bisa 21, bisa 23, bisa 25, 27, 29. Tetapi, tetap kita harus stabil di dalam beribadah," pungkas Amin.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233