Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor K26- 30/D6300/III/20.01, Tanggal 18 Maret 2020 tentang Penyampaian Hasil SKD CPNS Pemerintah D I Yogyakarta Tahun 2019 dengan ini diberitahukan hal-hal sebagai berikut :

download pengumuman lengkap di sini


Dalam rangka peningkatan kualitas dan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil, Pemerintah Daerah DIY melalui Badan Kepegawaian Daerah DIY membuka kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY untuk mengikuti program Tugas Belajar atau lzin Belajar Pasca Sarjana dan Doktor di Universitas Gadjah Mada Tahun Masuk 2020 dengan biaya APBD DlY. Info lebih lanjut dapat diunduh


Setelah melalui masa percobaan selama 1 (satu) tahun, sejumlah 755 orang CPNS Formasi tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Daerah DIY menerima SK Pengangkatan CPNS menjadi PNS pada hari Senin, 2 Maret 2020. Bertempat di Gedung Graha Wana Bhakti Yasa, Yogyakarta, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, R. Agus Supriyanto, SH., M.Hum menyerahkan SK secara simbolis kepada perwakilan peserta dari Golongan III/b (Muhammad Gractya Nurfi’antoro), Golongan III/a (Safrina Rovasita, S.Pd dan Reni Margatina, S.Kom), dan Golongan II/c (Damar Kurniawan, A.Md). Untuk dapat diangkat menjadi PNS, para CPNS ini juga telah mengikuti dan dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS yang dilaksanakan baik on class maupun off class selama 51 hari. Selain itu, setiap CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS harus memenuhi syarat sehat jasmani dan rohani melalui pemeriksaan baik medis maupun psikologis.

Acara penyerahan SK tersebut sekaligus dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah/Janji PNS. Pengambilan Sumpah/Janji PNS ini merupakan perwujudan dari amanat PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS pasal 39 yang berbunyi “Setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan Sumpah/Janji”. Bertindak sebagai pengambil sumpah adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY. Dengan didampingi oleh rohaniwan agama Islam, Kristen, Katholik, dan Budha, para peserta mengucapkan Sumpah/Janji PNS sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Perencanaan Pengadaan dan Sistem Informasi BKD DIY, Poniran, SIP., MA menyatakan bahwa Berita Acara Sumpah menjadi dokumen wajib sebagai dokumen Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) dan bagi yang tidak mempunyai dokumen tersebut maka wajib dilakukan Sumpah/Janji PNS kembali. Dengan demikian, setiap PNS tidak hanya wajib mengucap Sumpah/Janji PNS namun juga wajib memiliki Berita Acara Sumpah sebagai dokumen administrasi kepegawaian.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dalam sambutannya berpesan agar pengambilan Sumpah/Janji PNS dimaknai sebagai kesediaan untuk mengikatkan diri sebagai aparatur pemerintah, abdi negara, dan abdi masyarakat di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, CPNS yang telah resmi diangkat menjadi PNS diharapkan dapat mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan seorang Aparatur Sipil Negara serta menunjukan dedikasi dalam bekerja. Peningkatan profesionalisme dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti bersosialisasi dan konsultasi kepada para senior ataupun rekan kerja yang lain.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah juga tak lupa mengingatkan para peserta agar senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Jawa. ”Saya ingatkan bahwa Saudara sekalian adalah bagian dari Daerah yang Istimewa untuk itu nilai-nilai keistimewaan DIY harus menjadi jiwa Saudara-saudara sekalian. Laksanakan Budaya Pemerintahan SATRIYA dalam menjalankan tugas sehari-hari. Pakai dan camkan filosofi Hamemayu Hayuning Bawono”, tegasnya. (Ratri)

 


Memperhatikan surat dari Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi madya dan Pratama nomor 2/PANSEL.JPT/KEMENKO/MARVES/II/2020 tanggal 14 Februari 2020 tentang Pengumuman Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Bersama ini kami sampaikan bahwa apabila di instansi Saudara ada Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat dan berkeinginan mengikuti seleksi dimaksud, dapat mengakses alamat www.maritim.go.id/seleksi-jpt-madya-2020.


© 2020 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244