Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Assessment Center Metode Sedang Dalam Rangka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon

Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY menyelenggarakan Assessment Center Metode Sedang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Cilegon dalam rangka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon. Acara dilaksanakan mulai tanggal 17, 18, 20 dan 21 Juli 2023 bertempat di Hotel Neo Malioboro Jalan Pasar Kembang Yogyakarta diikuti sebanyak 47 (empat puluh tujuh) orang peserta yang terbagi dalam 4 gelombang.

Pada kesempatan ini, acara dibuka oleh Walikota Cilegon Bapak H. Helldy Agustian, S.E., S.H., M.H. didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Amin Purwani, S.H., M.Ec.Dev. dan jajaran Pemerintah Kota Cilegon lainnya. Walikota Cilegon menyatakan bahwa tahapan ini merupakan bagian dari proses yang harus dilewati untuk mengukur intelegensia para peserta dan apapun hasilnya harus diterima dengan positif. Selain itu, Walikota Cilegon memberikan motivasi kepada para peserta melalui tayangan video untuk memacu semangat para peserta agar dapat memberikan yang terbaik. Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Amin Purwani, S.H., M.Ec.Dev dalam sambutannya menyatakan bahwa proses penilaian yang dilaksanakan Balai PKP BKD DIY dalam seleksi ini dijamin berlangsung secara profesional dan tidak ada intervensi dari pihak manapun karena Balai PKP BKD DIY telah terakreditasi A sehingga kemampuan para asesor dalam memotret potensi dan kompetensi peserta tidak perlu diragukan lagi dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Assessment Center Metode Sedang ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi manajerial dan sosiokultural para peserta. Penilaian kompetensi dilakukan oleh para Asesor dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara yang telah ditetapkan sebagai kriteria dalam Penilaian Kompetensi. Selain kompetensi, aspek potensi juga dinilai dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara. Penilaian kompetensi yang dilakukan dengan Assessment Center Metode Sedang pengambilan datanya dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya simulasi, psikotes dan wawancara berbasis kompetensi. Para peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon diharapkan dapat mengikuti semua proses penilaian kompetensi dengan baik sehingga potret potensi dan kompetensi para peserta dapat terekam dengan baik dan dapat menjadi dasar dalam menentukan kandidat terbaik untuk posisi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang kosong di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233