Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Launching Aplikasi SPACE

Bertempat di Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY, hari Selasa tanggal 16 Oktober 2018 pukul 09.30 WIB dilaksanakan Launching Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Assessment Center (SPACE). Hal ini sekaligus menandai diberlakukannya Prosedur kerjasama Pengukuran Kompetensi yang baru, dari semula pengajuan permohonan berbasis kertas (paper) menggunakan Surat Permohonan yang ditandatangani oleh Kepala Instansi Kepegawaian dari Kabupaten/Kota, menjadi pengajuan permohonan secara elektronik dengan mengisi halaman form yang tersedia di aplikasi SPACE, yaitu meliputi metode pengukuran yang dipilih (Assessment Center, Quasi, Psikotes dan Wawancara dan Prikotes), tanggal pelaksanaan dan jumlah peserta (Assesse). Acara launching ini dihadiri oleh Pejabat dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten/Kota se-DIY, Pejabat dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY, Badan Kerjasama dan Penanaman Modal DIY, Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY, Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah DIY, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Biro Organisasi Sekretariat Daerah DIY serta pejabat Eselon 3 di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah DIY.

Acara dibuka sekaligus aplikasi untuk pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY, Drs. Eko Nuryanta. Sebagaimana pernyataan yang disampaikan Drs. Eko Nuryanta, aplikasi ini dibangun sebagai pelaksanaan Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan tingkat 4, Sdr. Joko Hariyono, yang mengusung judul inovasi  Sistem Pendukung Keputusan Assessment Center (SPACE). Hasil dari proyek perubahan ini diharapkan memiliki manfaat yang besar bagi kemajuan UPT Balai PKP BKD DIY, terutama dalam memecahkan permasalahan tata kelola Balai, meliputi pendistribusian beban kerja Assessor serta penerapan penjadwalan yang efektif. Sehingga kedepan Balai PKP BKD DIY mampu memberikan response time layanan lebih cepat.

Penjelasan teknis aplikasi disampaikan oleh Joko Hariyono, dimana secara garis besar, aplikasi utama terdiri atas 2 bagian, yaitu kalender kegiatan pengukuran kompetensi dan form pengajuan kerjasama. Kalender kegiatan Balai PKP BKD DIY diproses dari kalender kelompok (Group Calendar) yang dikelola oleh masing-masing staf secara individu. Kekuatan dari kalender bersama ini adalah tugas dan kesibukan setiap assessor dapat dilihat secara bersama, lalu aplikasi SPACE menerjemahkan ke dalam kalender kegiatan Balai PKP BKD DIY sebagai tanggal available dan unavailable.

Bagian kedua adalah formulir pengajuan, yang berisi pilihan metode pengukuran kompetensi, tanggal pelaksanaan dan jumlah peserta. Setelah formulir terisi dilanjutkan dengan Cek Ketersediaan Jadwal. Setelah calon mitra menerima rangkaian tanggal-tanggal tahapan pelaksanaan kerjasama (meliputi tanggal penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama, Tanggal Pelaksanaan, Tanggal Laporan Singkat dan Laporan Lengkap), dilanjutkan dengan Ajukan Permohonan. Dalam form pengajuan permohonan, data identitas dan lembaga yang mengajukan harus terlebih dahulu diisi sebagai syarat kelengkapan pengajuan.

Setelah form pengajuan diterima, admin dari Seksi Hubungan Antar Lembaga Balai PKP BKD DIY akan melakukan verifikasi sekaligus approval. Video berdurasi lebih kurang 40 menit, berisi proses launching dapat di akses pada link berikut ini https://youtu.be/UTUgi55WbRM

(Sie HAL)


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233